Friday, 3 May 2024

Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint Pendampingan Kelompok Perempuan Pesisir Kampung Aisandami, Menarbu Dan Sombokoro

-

Wondama, Papuachannel.com – Dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia dipesisir, maka Dinas Perikanan Kabupaten Teluk Wondama melakukan pelatihan Batik Ecoprint dimana kegiatan ini di inisiasi oleh GEF-6 Indonesia melalui hibah kepada Dirjend Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2023. Acara dibuka Wakil Bupati Drs. Andarias Kayukatui, M. Si, mewakil Bupati Kabupaten Teluk Wondama Ir. Hendrik Syake Mambor, MM.

Acara dihadiri oleh Kadin Kelautan dan Perikanan, Distrik Teluk Duairi, Ketua GOW, Ny. Iche Pabutungan dan Dirjend Kementerian Tangkap Kelautan dan Perikanan. Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak Dua Puluh (20) orang, selama Tiga (03) orang, yang berlangsung selama Tiga (3) hari dari Kamis, 03- Sabtu, 05 Agustus 2023.

Tujuan dari kegiatan pelatihan untuk pembuatan pewarna alami dan ecoprint mengunakan bahan dasar dari mangrove. Mendampingi kelompok perempuan dalam memanfaatkan sumberdaya ekosistem mangrove menjadi produk yang bernilai dan berdaya guna bagi peningkatan ekonomi masyarakat pesisir. Hal ini membuka peluang usaha bagi ibu-ibu dalam pengembangan Eco produk berbasis kearifan lokal dan ketiga adalah sebagai implementasi pelaksanaan GEF-6 CFI Indonesia.

Target pelatihan ini adalah tersedia produk Eko Label, yang memanfaatkan sumberdaya ekosistem mangrove secara local dan melatih ibu-ibu nelayan guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam pemanfaatan bahan local menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi. Sementara itu Wakil Bupati Teluk Wondama mengatakan dan dirinya berharap batik ecoprint memiliki cirias teluk wondama dan juga bertumbuh umkm bari di wondama yang membuka lapangan kerja guna membantu pemerintah untuk memberikan kesejahteraan bagi Masyarakat.

Batik Eco print ini akan di promosi pada kegiatan Festival Roon Wondama Pulau Roon, Distrik Roon pada tanggal, 07-09 September 2023. Wakil Bupati mengungkapkan rasa bangga atas Pelatihan Batik Ecoprint Dinas Perikanan Teluk Wondama ini karena dapat meningkatkan sumberdaya masyarakat. Untuk itu Wakil Bupati meminta agar setiap tahun kegiatan ini dapat dilaksanakan atau merupakan kegiatan keberlanjutan bagi masyarakat, karena dampaknya sangat posistif bagi sumberdaya manusia secara khusus bagi Masyarakat Wondama.

Nantikan berita terupdate seputar Papua, hanya di www.papuachannel.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru