Friday, 14 June 2024

REVIEW AKHIR TAHUN 2021 OTSUS & STRATEGI PERCEPATAN PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN PAPUA & PAPUA BARAT

-

Jayapura – Pembangunan di Tanah Papua telah dilakukan secara masif sejak diberlakukannya Undang – Undang No. 21 Tahun 2021 Tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dan dalam perkembangannya Papua dimekarkan menjadi dua Propinsi yaitu Propinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, selanjutnya diikuti dengan pemekaran sejumlah kabupaten baru, sehingga kini Provinsi Papua memiliki 29 Kabupaten/Kota dan Papua Barat memiliki 13 Kabupaten/Kota.

Perjalanan pembangunan di Tanah Papua (Papua dan Papua Barat) dalam 20 tahun terakhir (2001-2021) telah banyak menunjukan kemajuan dalam berbagai bidang sesuai dengan prioritas Otsus, antara lain: Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian, Infrastruktur dan Kesejahteraan. Melalui kepemimpinan Presiden Joko Widodo kebijakan Otsus lebih diperkuat lagi dengan hadirnya Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, dalam rangka percepatan pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat, dan sebagai tindak lanjut pelaksanaan peraturan Presiden No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020 – 2024, maka diperlukan langkah-langkah terobosan, terpadu,tepat, focus dan sinergi antar kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Berdasarkan arah kebijakan nasional pembangunan Papua sesuai amanat Otsus dan Instruksi Presiden No 9 Tahun 2020, maka APS (Analisis Papua Strategis) sebagai komunitas WA Group yang beranggotakan sejumlah tokoh penting dari berbagai kalangan profesi, antara lain: Akademisi, Diplomat, Kementerian/Lembaga, Kepala Daerah, TNI/POLRI, Kejaksaan Tinggi, Swasta, NGO, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan Jurnalis serta sejumlah pemerhati pembangunan Tanah Papua. Dengan demikian, APS Melakukan Review Akhir Tahun 2021, dengan mengangkat Tema: ”OTSUS & STRATEGI PERCEPATAN PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN PAPUA & PAPUA BARAT” dengan mengacu pada dinamika dan fakta pembangunan dalam masyarakat Papua (Orang Asli Papua). Pertanyaan Review ialah: Bagaimana Otsus dalam pandangan masyarakat Papua setelah 20 tahun? dan Bagaimana strategi percepatan pembangunan kesejahteraan Papua dan Papua Barat dapat dilakukan sesuai harapan presiden Jokowi di Tahun 2022? dengan fokus pada capaian prioritas Otsus (Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian, Infrastruktur Kampung dan Kesejahteraan hidup yang Aman dan damai tanpa rasa takut).

Adapun tujuan ASP Review Akhir Tahun 2021, ialah:
1. Meminta pandangan/ulasan dari para akademisi tentang filosofi Otsus dan strategi pembangunan Papua yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
2. Hasil Review ini akan disampaikan kepada Pemerintah Pusat Kementerian/Lembaga, Gubernur Papua dan Papua Barat, DPRP Papua dan Papua Barat, Majelis Rakyat Papua dan
Papua Barat, Dewan Adat Papua.

Kegiatan APS Review Akhir Tahun 2021 dilakukan secara daring/online (zoom)Pada:
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Desember 2021
Waktu : Pukul 13.00 – 15.00 (WIT)

Sumber : Analisis Papua Strategis (APS), Jl. Airport Sentani No. 4, Sentani 99352, Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru