Saturday, 13 July 2024

4 HARI JELANG PEMBUKAAN PON XX PAPUA, STADION LUKAS ENEMBE DI PALANG PEMILIK TANAH

-

https://youtu.be/VFl2ibUSOpo
JAYAPURA-PAPUA – Empat Hari menjelang Pembukaan Pekan Olahraga Nasonal, PON XX Papua, masyarakat pemilik hak ulat dari Suku Puhiri Kampung Harapan, Sentani, melakukan pemalangan di Stadoin Utama Lukas Enembe, Senin, 27 September 2021. Massa menutup pintu utama stadion dan melakukan orasi serta pemasangan pamlflet dipagar bertuliskan pemalangan stadion dan venue.

Akibat aksi pemalangan ini sempat menarik perhatian warga yang melintas dan pengendara roda dua maupun roda empat sehingga menimbulkan kemacetan. Pemilik Tanah, Kristian Puhiri, menjelaskan, aksi tersebut sebagai bentuk kekecewaan karena sudah hampir 18 Tahun pemerintah setempat belum ganti rugi lahan hingga selesai. Lahan yang digunakan sejak 2015 hingga 2021 dengan Nilai Ganti Rugi Permeter Tiga Juta Rupiah di kali 62 Hektar Luas Tanah yang telah difungsikan untuk pembangunan Stadion Lukas Enembe serta Venue di sekitarnya.

Apabila tuntutan tidak diindahkan oleh pemerintah hingga batas waktu yang ditentukan maka pemilik hak ulayat akan menutup total stadion dan venue tersebut. Aksi pemalangan tidak berlangsung lama karena pihak kepolisian langsung membubarkan dan mengamankan sejumlah pendemo.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes POL Ahmad Mustofa Kamal, mengatakan, pihaknya telah mengamankan Empat Orang Pendemo untuk dimintai keterangan terkait aksi pemalangan tersebut. Hingga saat ini situasi di Stadion Utama Lukas Enembe aman dan kundisif.

– Tim Liputan Papua Channel –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru