Saturday, 13 July 2024

SEJARAH MENCATAT, API ABADI PON XX BERASAL DARI KLAMONO SORONG

-

https://youtu.be/IO2eUGt25UI
KAB.SORONG – Api Abadi PON-20 Papua berasal dari Kabupaten Sorong, Papua Barat. Api PON tersebut akan diambil dari sumber api di Kilang Minyak Klamono. Untuk memperlancar proses pengambilan Api PON, Panitia PON telah melakukan Rapat Koordinasi dengan Pemkab Sorong, Jumat, 10 September 2021. Rapat tersebut bertujuan untuk membahas masalah teknis pengambilan Api Abadi PON-20 sekaligus Seremonial Pelepasan.

Direncanakan, 25 September nanti Api Abadi PON akan tiba di Kabupaten Sorong dan disemayamkan selanjutnya pada 27 September dilakukan Upacara Pelepasan di Kantor Bupati kemudian diberangkatkan ke Biak dan akan melewati sejumlah Kabupaten sebelum finish di Jayapura.

Api PON dari Kalomo ini nantinya akan dinyalakan dan terpancang di Stadion Lukas Enembe pada saat pembukaan PON-20 Papua. Bupati Sorong, Johny Kamuru mengaku, pihaknya sangat mendukung apa yang akan dilakukan Tim Api PON-20 Papua.
Bupati mengungkapkan dalam sejarah baru pertama kali diajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut Api Abadi PON diambil dari Klamono, Kabupaten Sorong.

– Tim Liputan Papua Channel –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru