Sunday, 26 May 2024

Universitas Kristen Papua (UKIP) Sorong Menggelar Wisuda Sarjana Angkatan Ke-XVISorong

-

Papua Channel – Universitas Kristen Papua (UKIP) Sorong mewisuda 95 mahasiswa Strata Satu (S1) dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan XVI tahun akademik 2023/2024. Acara penting ini berlangsung pada Rabu, 27 Maret 2024, di Gedung Getsemani, yang berlokasi di Jalan F. Kalasuat, Malanu, Sorong Utara.

Acara ini dimeriahkan dengan kehadiran beberapa tokoh penting. Diantaranya, Ketua LLDIKTI XIV, Dr. Suriel Semuel Mofu, S.Pd., M.Ed., M.Phil., yang tampak menonjol dengan kemeja putihnya. Beliau dikelilingi oleh tokoh-tokoh penting lainnya seperti Rektor UKIP Sorong, dr. Sophian Andi, M.Pd.K., yang mengenakan toga merah, dan Staf Ahli Gubernur PBD BID.Ekubang, George Yarangga, A.Pi., MM., yang juga terlihat mengenakan kemeja putih. Mereka bersama dengan civitas akademik UKIP Sorong, memberikan semangat dan dukungan kepada para wisudawan.Para wisudawan yang berjumlah 95 orang ini terbagi dalam beberapa program studi. Sebanyak 23 lulusan dari Program Studi Theologia, 7 dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen, 3 dari Program Studi Agri Bisnis, 8 dari Program Studi Management Sumber Daya Perairan, 13 dari Program Studi Hukum, 31 dari Program Studi Management, dan 10 dari Program Studi Teknik Mesin, kini siap menghadapi dunia dengan ilmu yang telah diperoleh selama masa studi di UKIP Sorong.

Acara wisuda ini bukan hanya sebuah acara seremoni bagi perjalanan akademik para mahasiswa, tetapi juga sebuah awal baru untuk terjun ke dalam masyarakat dan menggunakan ilmu yang telah diperoleh untuk memberikan dampak yang positif. Universitas Kristen Papua (UKIP) Sorong berharap bahwa para lulusan ini akan menjadi agen perubahan yang mampu membawa kemajuan bagi masyarakat dan bangsa.Staf Ahli Gubernur bidang Ekubang George Yarangga, mewakili Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad, turut memberikan sambutan dan apresiasi tinggi kepada civitas akademika UKIP Sorong. Beliau memuji peran universitas dalam membentuk dan melahirkan sumber daya manusia berkualitas, terutama di kota Sorong, Papua Barat Daya.

Dalam pesannya kepada para wisudawan, Yarangga menekankan pentingnya adaptasi dengan era digitalisasi dan tingginya persaingan global saat ini. “Jangan selalu berharap menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujarnya, mendorong wisudawan untuk mengeksplorasi lapangan pekerjaan lain atau bahkan menjadi entrepreneur yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Lebih lanjut, beliau menginformasikan bahwa pemerintah sedang berupaya menarik investor dan dalam waktu dekat, investor besar dari luar negeri diharapkan akan masuk ke Papua Barat Daya untuk mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang diperkirakan akan membutuhkan sekitar 3000 tenaga kerja. Ini merupakan peluang besar bagi wisudawan untuk memanfaatkan situasi ini daripada berjuang menjadi ASN dengan kuota terbatas.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XIV, Dr. Suriel Semuel Mofu, S.Pd., M.Ed., M.Phil., juga memberikan nasihat kepada wisudawan, mengingatkan mereka untuk menyelaraskan konsep kesuksesan dalam diri pribadi. Kepala LLDIKTI XIV menyampaikan formula kesuksesan yang melibatkan inspirasi, niat yang kuat, perhatian untuk melakukan hal-hal yang berpotensi menuju kesuksesan, dan kedisiplinan. Menurut Mofu, dengan mengadopsi prinsip “Money is Time” daripada “Time is Money”, wisudawan dapat memanfaatkan umur potensial mereka menuju kesuksesan yang berarti. “Waktu kalian masih sangat panjang, jika kalian paham apa yang saya maksudkan, dan dapat menjalankannya dengan baik serta selalu mengucap syukur dan berdoa, maka saya yakin masa depan kalian semua akan sangat baik,” tutup LLDIKTI XIV dengan penuh optimisme.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru