Saturday, 13 July 2024

Kodam Siap Bentuk Satuan Kewilayahan Pasca Pembentukan DOB

-

Jayapura,Papuachannel.com – Pasca pemekaran daerah otonomi baru, Kodam XVII/Cenderawasih terus melakukan pembenahan satuan, terutama dalam melengkapi sejumlah satuan kewilayahan yang belum ada di beberapa daerah.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen. TNI. Izak Pangemanan mengatakan sesuai dengan arahan Panglima TNI pada pelaksanaan Rapim TNI 2024 beberapa hari yang lalu, saat ini, jajaran Kodam XVII/Cenderawasih terus mempersiapkan, sembari menunggu petunjuk teknis lebih lanjut, yang jelas nantinya akan ada penambahan Kodam, Korem, Kodim dan Koramil di daerah otonomi baru tersebut.

“Yang jelas dengan adanya pemekaran Provinsi Papua menjadi 4 daerah otonomi baru, tentunya nanti akan ada penyesuaian, dan penambahan satuan baru di tingkat teritorial, mulai dari Koramil, Kodim, Korem hingga Kodam, yang diharapkan hal ini bisa semakin mendekatkan TNI kepada masyarakat, terutama membantu Polri memberikan jaminan keamanan di daerah,” tutur Mayjen. TNI. Izak Pangemanan, Selasa (05/03/2024).

Ditambahkan Pangdam, dalam pelaksanaan di lapangan, gelar pasukan dan satuan kewilayahan nantinya akan kita sesuaikan dengan kondisi di daerah, sebab ke empat Provinsi baru tersebut memiliki kondisi yang berbeda-beda, yang tentunya butuh penangannya yang berbeda.

“Kami TNI kan pendekatannya adalah pertahanan negara, sehingga untuk komposisinya nanti kita akan sesuaikan dengan kebutuhan daerah, ada daerah yang stabil tentu tidak perlu banyak pengerahan pasukan TNI, begitupun dengan daerah yang tingkat kerawanannya tinggi, pasti akan mendapat perhatian yang lebih juga,” tegas Pangdam.

Lanjut Pangdam, penambahan satuan kewilayahan di daerah otonomi baru tersebut akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan upaya pemenuhan kebutuhan SDM yang dimiliki TNI, yang jelas saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dan instruksi dari Markas Besar TNI.

Nantikan berita terupdate seputar Papua, hanya di www.papuachannel.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru