Saturday, 13 April 2024

Bahas Pembebasan Pilot Susi Air Dubes Selandia Baru Bertemu Pangdam XVII Cenderawasih

-

Jayapura,Papuachannel.com – Duta besar selandia baru untuk Indonesia kevin jeffery burnet melakukan pertemuan tertutup dengan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan di Makodam XVII cenderawasih pada Rabu 07/02/2024.

Pertemuan dengan Duta besar selandia baru untuk Indonesia kevin jeffery burnet guna membahas upaya pembebasan pilot susi air philips mark mehrtens yang di sandera kelompok kriminal bersenjata di kabupaten nduga.

Tujuan kedatangan Duta Besar New Zealand ini untuk mengkonfirmasi sejauh mana upaya pembebasan pilot Philip Mehrtens

” Kodam sudah berupaya melakukan pembebasan dengan mengedepankan pendekatan soft aproach yaitu negosiasi, ” kata izak Pangemanan.

Ia menjelaskan, negosiasi dilakukan dengan mengedepankan peran dari pemerintah daerah.

“Dengan terus menerus melakukan komunikasi dengan kelompok Egianus Kogoya. Dan kami juga mengedepankan peran masyarakat, gereja dan adat, ” ucap Pangdam lagi.

Langkah ini diambil menurut Pangdam karena pihaknya tak ingin ada korban berjatuhan dalam upaya pembebasan sang pilot.

Pendekatan kemanusiaan menurut Pangdam adalah pilihan yang tepat.

Melihat langkah yang dilakukan TNI- Polri, Pangdam membeberkan bahwa Dubes Selandia Baru dalam pertemuan mengeluarkan beberapa pernyataan sikap.

“Pertama, Negara New Zealand menyerahkan pembebasan pilot sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia dan menghormati apapun yang dilakukan Indonesia dalam rangka pembebasan Philip Mehrtens.

Kedua, Negara New Zealand mengakui sepenuhnya kedaulatan Indonesia di Papua. Ketiga, mereka menyerukan Egianus agar melepaskan Egianus, karena apapun yang dilakukan Egianus tidak dibenarkan oleh dunia internasional, ” tutup Pangdam.

usai bertemu dengan pangdam XVII cenderawasih dubes selandia baru selanjutnya akan bertemu dengan pemerintah provinsi papua.

Nantikan berita terupdate seputar Papua, hanya di www.papuachannel.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru