Tuesday, 23 April 2024

Keindahan Pantai Ketapang Lima dengan Butiran Pasir Halus dan Terumbu Karang yang Terlindungi 

-

Pariwisata, Papuachannel.com – Sebagai kabupaten dengan potensi bahari, Teluk Wondama memiliki banyak pantai dan terumbu karang yang layak untuk dilihat oleh para pencinta alam yang menaruh perhatian pada pelestarian keanekaragaman hayati dunia bawah laut. Salah satunya Pantai Ketapang Lima yang berlokasi di tengah-tengah Kota Wondama, tepatnya di Kampung Maniwak Distrik Wasior.

Nama Ketapang Lima diambil dari keidentikan pantai dengan jumlah pohon ketapang (Terminalia catapa) yang tumbuh berjejer di tepi pantai. Dengan pengelolaan berbasis masyarakat, pantai ini kini menjadi tempat wisata terfavorit bagi masyarakat Teluk Wondama.

Ramai dikunjungi saat weekend dan hari libur untuk berenang dan bersantai menikmati sejuknya angin dengan pemandangan pesisir yang indah, Pantai Ketapang Lima juga memiliki fasilitas penunjang aktivitas pariwisata. Dikembangkan sejak tahun 2014 sarana prasarana yang ada diantaranya, Gazebo, Pondok Pengunjung, dan Toilet Umum. 

Memiliki butiran pasir yang halus, Pantai Ketapang Lima juga cocok untuk aktivitas snorkeling dan freediving. Gugusan terumbu karang yang panjang namun terpisah pada jarak sekitar 100 meter dari tepian pantai, menjadikan terumbu karang di tempat ini terlindung dari aktivitas manusia. 

Banyak spesies ikan warna-warni yang bisa kita jumpai antara lain: Spinecheek Anemonefish (Premnas biaculeatus), Moorish Idol (Zancluscomutus), Emperor Angelfish (Pomacanthusimperator), Humphead Wrasse (Cheilinus undulatus), Sunset Wrasse (Thalassoma lutescens). Ada juga berbagai spesies boxfish, parrotfish, scorpionfish, goby, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru