Saturday, 22 June 2024

Kolaborasi Pemerintah Dan Warga Kota Sorong Antisipasi Banjir

-

Pasca banjir besar melanda kota sorong pada akhir Agustus lalu, pemerintah bersama masyarakat setempat bergotong royong membenahi saluran air dan sungai.

Pembenahan dilakukan dengan mengeruk endapan lumpur, sampah dan material lainnya yang menyumbat saluran dan sungai yang ada di hampir seluruh kawasan pemukiman, terutama di wilayah-wilayah rawan banjir, seperti KM-10 masuk, jalan Sungai Maruni, jalan Basuki Rahmat,kawasan Kanal Viktori dan di sejumlah wilayah lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) provinsi Papua Barat, Yohanis Momot mengatakan pihaknya mengerahkan puluhan alat berat untuk melakukan pengerukan.

Selain menggunakan alat berat, pengerukan juga dilakukan dengan tenaga manusia. Puluhan ormas, komunitas, sukarelawan dan masyarakat umum turut dilibatkan untuk membantu pengerukan di saluran yang sulit dijangkau alat berat pada pekan lalu.

Dengan kondisi terkini di Kota Sorong pasca banjir, seluruh lapisan masyarakat diminta tidak saling menyalahkan. Masyarakat dihimbau saling mendukung guna mencari solusi mengatasi persoalan yang terus terjadi dalam dua dekade trakhir ini.

Sekretaris-I ormas Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Kota Sorong, Oktavianus Klau bria mengaku pihaknya terpanggil dan merasa turut bertanggung jawab mengatasi banjir.

Untuk itu, ormas yang diketuai Martinus Lende Mere itu mengerahkan puluhan anggotanya selama tiga hari berturut-turut membantu upaya pengerukan yang dilakukan pemerintah di sejumlah wilayah.

Hujan lebat yang kerap terjadi akhir-akhir ini di Kota Sorong dan sekitarnya telah berdampak luas. Pemerintah kota bahkan telah menetapkan status darurat banjir selama dua pekan terhitung sejak 23 Agustus 2022.

Hingga saat ini ,4 warga dilaporkan meninggal dunia serta ribuan masyarakat Kota Sorong lainnya engalami kerugian materi dan moril yang tidak sedikit akibat peristiwa ini. (*red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru