Friday, 14 June 2024

10 KORBAN LUKA AKIBAT BENTROK DI YAHUKIMO DIEVAKUASI KE JAYAPURA

-

https://www.youtube.com/watch?v=YpfhYtgZRIU
Yahukimo – Sepuluh korban luka yang terdiri dari anak-anak dan perempuan dievakuasi menggunakan pesawat trigana air ke Jayapura untuk penanganan medis maksimal. Mereka adalah para korban penyerangan pada bentrokan di Yahukimo, minggu 03 Oktober. Dirkrimum polda Papua, Kombes Pol. Faizal Ramadhani mengatakan, hingga saat ini sudah sepuluh orang sudah dievakuasi sehingga tersisa 33 masih menjalani perawatan di RSUD Yahukimo.

Faizal menegaskan pihaknya akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku penyerangan tersebut. Hingga senin siang kemarin terdapat 56 orang diamankan di mapolres Yahukimo untuk dimintai keterangan terkait peran mereka dalam aksi penyerangan tersebut.

Sementara itu, kurang lebih seribu warga mengungsi di mapolres setempat karena khawatir menjadi korban bentrok susulan. Situasi di Yahukimo berangsur kondusif pasca aksi bentrok antar warga semantar aparat TNI-Polri masih rutin melakukan patroli di ibukota Dekai.

Sebelumnya, bentrok antar warga di kabupaten Yahukimo, Papua menyebabkan enam orang meninggal dunia dan 43 luka-luka. Sejumlah rumah warga dan hotel hangus dibakar. Bentrok terjadi saat warga dari suku Kimyal menyerang warga suku Yali pada Minggu siang, 03 Oktober, sekitar pukul 12.45 WIT.

Penyerangan ini diduga kuat berkaitan dengan meninggalnya mantan bupati Yahukimo periode 2016-2022, Abock busup di Jakarta pada Mingu dini hari. Warga suku Kimyal menuding kematian Abock Busup karena dibunuh oleh suku Yali sehingga mereka melakukan penyerangan.

-Tim liputan Papua Channel-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru