Friday, 14 June 2024

PEMUDA ADAT WILAYAH-III DOBERAI GELAR AKSI DUKUNG BUPATI SORONG

-

https://youtu.be/w9snOX-HiNE
KOTA SORONG – Pemuda Adat III Wilayah Doberay, Senin kemarin menggelar aksi Demo Damai di Pengadilan Negeri, Kota Sorong, Papua Barat. Aksi tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Bupati Sorong yang sedang menjalani sidang di PTUN Jayapura karena digugat oleh Perusahaan Kelapa Sawit. Dengan membawa spanduk dan pamflet yang berisi dukungan terhadap Bupati Johny Kamuru, para pemuda ini berjalan kaki dari Gedung Olahraga Kota Sorong menuju Kantor Pengadilan.

Dalam orasi singkat massa meminta pihak kejaksaan memberikan dukungan atas apa yang dilakukan Bupati Sorong dan meminta kejaksaan untuk mengusut Perusahaan-perusahaan Kelapa Sawit yang ijinnya telah dicabut oleh Bupati. Kordinator aksi Vekky Mubalen, menegaskan, aksi yang dilakukan murni suatu bentuk dukungan nyata kepada Bupati Jhony Kamuru.

Selaku anak adat Vekky menilai langkah bupati sudat tepat untuk mencabut ijin Perusahaan Kelapa Sawit demi menjaga hutan adat dan hak masyarakat adat di wilayah Kabupaten Sorong. Sebelumnya, Bupati Sorong, Johny Kamuru, digugat oleh Perusahan Kelapa Sawit di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jayapura, sejak 02 Agustus lalu. Bupati digugat karena beberapa waktu lalu mencabut izin beroperasinya Perusahaan Kelapa Sawit dan mengembalikan lahan operasionalnya kepada masyarakat adat setempat.

Ada Empat perusahaan yang telah dicabut izin pengoperasiannya oleh Pemda Kabupaten Sorong, masing-masing PT. Inti Kebun Lestari, PT.Cipta Papua Plantation, PT.Papua Lestari Abadi dan PT. Sorong Agro Sawitindo. Namun Satu diantaranya yang tidak melayangkan gugatan di PTUN Jayapura yaitu PT.Cipta Papua Plantation.

– Tim Liputan Papua Channel –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru